Thursday, July 30, 2009

Linux Media Center


Menggunakan Linux sebagai PC Media Center

Jika Anda pengguna Windows atau Mac, pasti sudah cukup akrab dengan Windows Media Center atau Front Row yang mempunyai kemampuan untuk mengubah komputer menjadi suatu Media Center. Pengguna Linux biasanya tidak seberuntung ini karena kebanyakan distro Linux tidak disertai dengan pre-install media center software.

Sekalipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan Linux sebagai media center. Ada sangat banyak software yang bisa membuat PC Linux Anda berfungsi sebagai media center. Berikut adalah beberapa daftar software media center di Linux.

1. MythTV


MythTV bisa mengubah komputer Anda menjadi sebuah PVR (Personal Video Recor

der), multimedia home entertainment atau bahkan menjadi komputer Home Theater . MythTV bisa ditemukan di DVD Repository 3D OS dan bisa diinstal dengan mudah melalui Synaptic (detail penggunaan Synaptic bisa dilihat di Buku 3D OS).



2. XBMC








Sejauh ini XBMC merupakan salah satu software media center terbaik yang layak untuk dipergunakan. Awalnya XBMC dibuatuntuk Xbox, yang kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem termasuk Linux, OSX dan juga Windows. Dengan XBMC, Anda tidak hanya bisa menikmati audio/video/gambar yang ada di komputer lokal, tetapi Anda juga menikmatinya langsung dari Web, jaringan komputer, atau bahkan perangkat uPnP.

3. Entertainer








Software media center Entertainer dibuat untuk lingkungan Gnome dan XFCE. Entertainer selain untuk memainkan audio, video, gambar, juga memiliki fitur RSS feeds dan informasi cuaca. Kemampuan lain Entertainer adalah mendownload metadata (seperti cover dan informasi film) dari internet dan membuatnya mudah untuk dikelola.

4. Elisa









Elisa tersediadi Linux dan Windows (segera hadir di Mac). Tampilannya sederhana hanya dengan 5 icon yang memungkinkan Anda untuk memilih fitur Picture, Video, Audio, Settings dan Plugins. Elisa memiliki integrasi yang erat dengan internet dan memungkinkan Anda untuk melihat video YouTube, mendengarkan dari Shoutcast, melihat photo dari Flickr dan layanan popular internet lainnya. Program Elisa juga bisa Anda temukan di DVD repository 3D OS.

5. Freevo










Freevo selain berfungsi sebagaimedia center juga sekaligus sebagai media manager yang memungkinkan Anda untuk mengelola dan mengakses semua file multimedia dari satu tempat. Freevo juga disertai dengan sejumlah plugins, seperti game plugin untuk memainkan console game di komputer.

6. GeeXboX










GeeXboX adalah sebuah distro Linux yang khusus dibuat untuk dipergunakan sebagai media center. Tidak perlu instalasi, cukup boot komputer dengan LiveCD Geexbox dan Anda sudah bisa mengubah komputer menjadi sebuah Home Theather.

And masih banyak lagi jika anda mau berburu danbelajar.. cheers

Copied from : http://www.pclinux3d.com/multimedia/menggunakan-linux-sebagai-media-center.html

No comments:

Powered By Blogger